S1 KEBIDANAN DAN PROFESI BIDAN

VISI

Menghasilkan lulusan bidan profesional dan unggul dalam pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan.

Program pendidikan mulai dari tahap sarjana akademik untuk memperoleh gelar Sarjana Kebidanan (S.Keb.) hingga tahap profesi untuk memperoleh gelar Bidan (Bd.).

Berdasarkan rumusan visi dan misi, lulusan profesi bidan STIKes Pelita Ilmu Depok memiliki keunggulan dalam pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan. Kompetensi lulusan profesi bidan yang akan dihasilkan oleh STIKes Pelita Ilmu Depok adalah bidan profesi yang mampu memberikan pelayanan kebidanan komprehensif disetiap tatanan layanan kesehatan.

Program studi profesi bidan STIKes Pelita Ilmu Depok mengembangkan kekhususan pelayanan Kebidanan Komunitas sebagai keunggulan dalam konteks pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan teknologi tepat guna dalam pelayanan kebidanan. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi tepat guna yaitu dengan meningkatkan komunikasi melalui video conference, konseling berbasis digital memberikan penyuluhan kepada masyarakat dapat dilakukan dalam kelompok besar dan di beberapa lokasi untuk masalah yang ada di komunitas seperti kematian ibu dan bayi, kehamilan remaja, konsep abortion, BBLR, pertolongan persalinan oleh non nakes, PMS, perilaku dan sosial budaya yang mempengaruhi kesehatan di komunitas.

Lulusan Program Studi Profesi Bidan di STIKes Pelita Ilmu Depok harus memiliki seperangkat kompetensi wajib. Kompetensi merupakan seperangkat tindakan cerdas penuh tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas – tugas di bidang pekerjaan tertentu.

Kompetensi Lulusan

Health Care Provider

Lulusan profesi bidan STIKes Pelita Ilmu Depok berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan komprehensif dan profesional pada perempuan sepanjang siklus reproduksinya yang meliputi masa remaja, pra-nikah, pra-konsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir , bayi balita dan anak prasekolah, pre-menoupause, kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana dengan melibatkan keluarga dan masyarakat sesuai kode etik profesi

Communicator

Lulusan profesi bidan STIKes Pelita Ilmu Depok mampu mengkomunikasikan kebijakan, advokasi, dan menyampaikan pemikiran atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi bidan serta menjadi agen pembaharu dalam pelayanan kesehatan. Bidan profesi memiliki tugas penting dalam penyuluhan dan edukasi kesehatan, tidak hanya untuk wanita, tapi juga keluarga dan masyarakat dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Pekerjaan ini harus melibatkan pendidikan antenatal dan persiapan untuk menjadi orang tua dan dapat mencakup kesehatan perempuan, kesehatan seksual atau reproduksi dan perawatan anak

Decision Maker

Lulusan profesi bidan STIKes Pelita Ilmu Depok mampu berperan sebagai pengambil keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis , kritis, sistematis, kreatif dan strategis dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan, dan pelayanan kontrasepsi.

Community Leader

Lulusan profesi bidan STIKes Pelita Ilmu Depok mampu berperan sebagai penggerak dan pemberdaya masyarakat dalam peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan reproduksi dan Keluarga berencana dan pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan teknologi tepat guna dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang tersedia.dikomunitas

Manager

Lulusan profesi bidan STIKes Pelita Ilmu Depok berperan sebagai pengelola layanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi dan keluarga berencana dengan memanfaatkan Iptek serta memperhatikan potensi sosial budaya dan sumber daya secara efektif dan efisien.

Biaya Pendidikan

  Program SarjanaProgram Profesi Bidan
Rincian BiayaSEMESTER 1-8SEMESTER 9-10
1Cicilan 13.000.0004.000.000
2Cicilan 23.000.0004.000.000
3Cicilan 33.000.0004.000.000

** Gratis uang pembangunan

*** Pembayaran SPP bisa di cicil

Galery

Berita kampus